top of page
Artikel supply chain management dan manajemen stok barang

Blog

  • Writer's pictureAdmin

Memahami Permintaan Konsumen untuk Kesuksesan Bisnis Berkelanjutan


kesuksesan bisnis dengan memahami permintaan Konsumen

Platform e-commerce, media sosial, dan aplikasi mobile telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan merek dan produk. Konsumen menjadi lebih terinformasi dan menuntut produk yang lebih personalized dan berkualitas tinggi. Selain itu banyaknya informasi yang tersedia juga menjadikan konsumen menjadi lebih selektif dalam membeli barang dan menjadi pembeli pintar (smart buyer).


Perubahan ini memaksa perusahaan untuk beradaptasi dengan menyediakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, mempercepat inovasi produk, dan meningkatkan kehadiran digital mereka. 



Bagaimana Dampak Perkembangan Digital terhadap Permintaan Konsumen?

Perkembangan digital telah membawa dampak signifikan terhadap permintaan konsumen di berbagai sektor. Dengan kemajuan teknologi dan akses internet yang semakin luas, konsumen kini memiliki lebih banyak informasi dan pilihan dalam membuat keputusan pembelian. 


Mereka juga mengharapkan proses pembelian yang cepat dan efisien, dengan opsi pengiriman yang fleksibel dan layanan pelanggan yang responsif. Selain itu, adanya review online dan rekomendasi dari pengguna lain memainkan peran penting dalam keputusan pembelian, membuat konsumen lebih kritis dan selektif. 


Berbagai Jenis Permintaan Konsumen 

Jenis permintaan konsumen dibagi menjadi dua yaitu, berdasarkan daya beli dan jumlah konsumen. Memahami jenis-jenis permintaan penting bagi bisnis dalam memahami perilaku konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. 


Dengan menganalisis data permintaan, perusahaan dapat menentukan harga, fitur produk, dan taktik promosi yang optimal untuk mencapai target pasar mereka. Jenis permintaan konsumen dibagi menjadi dua yaitu, berdasarkan daya beli dan jumlah konsumen. 


  • Permintaan Absolut

Ini menunjukkan jumlah maksimum produk atau jasa yang diinginkan konsumen pada waktu tertentu, tanpa memperdulikan harga. Ini mencerminkan keinginan dan kebutuhan murni, tanpa dibatasi oleh keuangan.

  • Permintaan Potensial

Ini gambaran yang lebih realistis, dengan mempertimbangkan kemauan dan kemampuan konsumen untuk membayar sejumlah barang pada harga dan waktu tertentu. Ini memperhitungkan anggaran mereka.

  • Permintaan Efektif

Ini menunjukkan jumlah aktual produk atau jasa yang dibeli konsumen pada harga dan waktu tertentu. Ini dipengaruhi oleh permintaan riil dan faktor-faktor lain seperti harga, pendapatan, dan preferensi masing-masing konsumen.



  • Permintaan Pasar

Ini menunjukkan jumlah maksimum produk atau jasa yang diinginkan konsumen pada waktu tertentu, tanpa memperdulikan harga. Ini mencerminkan keinginan dan kebutuhan murni, tanpa dibatasi oleh keuangan.

  • Permintaan Individual

Ini menunjukkan jumlah maksimum produk atau jasa yang diinginkan konsumen pada waktu tertentu, tanpa memperdulikan harga. Ini mencerminkan keinginan dan kebutuhan murni, tanpa dibatasi oleh keuangan. Perlu diingat juga bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen seperti skala prioritas barang, harga barang dan substitusi, pekerjaan dan keuangan, karakteristik penduduk disuatu daerah, hingga trend dan mode yang sedang ramai saat itu.


10 Strategi Memahami Permintaan Konsumen

Dengan memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, perusahaan dapat menawarkan produk yang tepat sasaran, meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan. Hal ini juga memungkinkan terciptanya peluang baru untuk bisnis Anda.


Semuanya dimulai dari internal bisnis Anda. Tentukan strandar yang akan dicapai maupun dijalankan.

  • KPI (Key Performance Indicators): Tetapkan indikator kinerja utama yang jelas dan terukur untuk melacak progress strategi. Ini dapat mencakup metrik seperti rasio konversi, tingkat retensi pelanggan, dan nilai seumur hidup pelanggan.

  • SOP (Standard Operating Procedures): Buatlah prosedur operasi standar yang jelas dan terdokumentasi untuk semua proses untuk membantu memastikan konsistensi dan efisiensi bisnis.



Buatlah survei online atau offline untuk menanyakan kepada konsumen tentang kebutuhan, preferensi, dan kebiasaan pembelian mereka. Anda dapat melakukan riset pasar secara online seperti membagikan kuesioner atau survey online, maupun offline seperti wawancara dan diskusi kelompok.


Tetap up-to-date dengan tren terbaru yang dapat memengaruhi permintaan konsumen. Apalagi saat ini trend di sosial media cenderung cepat berubah. Anda perlu gerak cepat jika tidak ingin kehilangan momentum. 


Pantau percakapan online tentang brand, produk, dan industri untuk memahami sentimen konsumen. Pahami juga bagaimana kompetitor memenuhi permintaan konsumen dan identifikasi peluang untuk membedakan diri Anda.


Kembangkan profil terperinci dari pelanggan ideal Anda, termasuk karakteristik demografis, psikografis, dan perilaku mereka. Dengan mengumpulkan data tersebut akan memudahkan dalam menemukan solusi produk/jasa atas pain point konsumen. 


Identifikasi langkah-langkah yang diambil konsumen saat mempertimbangkan, membeli, dan menggunakan produk atau layanan Anda.


Mendapatkan data tidak harus selalu dari calon konsumen. Cobalah untuk membaca ulasan online tentang produk dan layanan Anda dan tanggapi umpan balik negatif dan memperbaiki sesuai dengan apa yang konsumen inginkan.


Saat ini, hampir setiap orang menggunakan media sosial. Gunakan media sosial untuk menarik perhatian dan mengumpulkan data tentang konsumen. Tanggapi komentar, pertanyaan, dan umpan balik mereka. Pelajari apa yang orang katakan tentang produk Anda di media sosial.


Produk berkualitas tinggi akan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Selain itu ini juga akan membangun image bisnis yang baik dibanding pesaing. kepuasan pelanggan yang tinggi meningkatkan loyalitas, yang mengarah pada retensi pelanggan yang lebih baik dan pendapatan yang lebih stabil.


Tawarkan produk atau layanan komplementer yang melengkapi produk utama Anda. Ini dapat membantu meningkatkan nilai rata-rata pemesanan dan mendorong penjualan.


Misalnya dengan menawarkan bundling produk atau diskon kepada pelanggan yang membeli beberapa produk, dan program loyalitas untuk konsumen rutin.


Lakukan review secara berkala terhadap kinerja dan strategi bisnis. Ini akan membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan membuat penyesuaian pada strategi kedepannya. Gunakan data dan analitik untuk melacak kemajuan dan mengukur efektivitas strategi.


Mengumpulkan data secara kuantitatif memiliki peran penting dalam merencanakan strategi bisnis. Namun, intuisi mau feeling seorang pebisnis juga dapat digunakan. Pengalaman, pembelajaran, dan juga pengetahuan lapangan juga sangat penting untuk diketahui dan tidak bisa didapatkan dan dikerjakan oleh suatu sistem.



VENA, Sistem Modern untuk Mengatur Permintaan Konsumen

Perkembangan digital telah meningkatkan ekspektasi konsumen, menuntut perusahaan untuk menjadi lebih responsif, inovatif, dan customer-centric. Di era digital yang serba cepat ini, VENA hadir sebagai solusi modern untuk membantu perusahaan mengelola permintaan konsumen dengan lebih efektif dan efisien.


Sistem ERP VENA berkomitmen untuk membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan dan tetap terdepan dalam persaingan global. Hubungi tim VENA sekarang untuk informasi lebih lanjut!

Comments


bottom of page