top of page
  • Writer's pictureAdmin

Pentingnya Memahami Supply Chain Management : Dasar-Dasar dan Manfaatnya


konsep dasar supply chain management

Optimalisasi supply chain management adalah hal yang sangat penting bagi setiap bisnis karena dapat meningkatkan hasil produksi, memenuhi permintaan pelanggan, serta mengoptimalkan biaya dan proses manajemen. Memahami faktor-faktor yang memengaruhi manajemen rantai pasok menjadi kunci untuk memastikan kelancaran proses tersebut.


Apa itu Supply Chain Management?

Supply chain management adalah serangkaian kegiatan mengenai kegiatan atau aktivitas yang meliputi meliputi perencanaan, pengaturan, produksi dan penjadwalan arus barang dari pengadaan hingga distribusi produk kepada konsumen. melibatkan integrasi sistem antara divisi internal (seperti produksi, penjualan, dan keuangan) dan eksternal (seperti pemasok dan distributor).


Pakar ahli James A. dan Mona J. Fitzsimmons menekankan pentingnya teknologi informasi dalam supply chain management. Teknologi informasi yang dimaksud adalah berupa perangkat lunak yaitu software atau aplikasi yang dapat membantu mempermudah proses pengawasan, pencatatan, perencanaan, hingga pengelolaan arus barang.



Tujuan sistem manajemen rantai pasok

Sistem manajemen rantai pasok bertujuan menciptakan alur yang efisien dan efektif antara pasokan (perusahaan) dan permintaan (pelanggan). Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara tepat waktu, dengan biaya yang optimal, transparan, dan kualitas yang terjaga. Untuk mencapai hal ini, sistem manajemen rantai pasok berfokus pada tiga hal utama: pengadaan, pengelolaan, dan pemenuhan.


Pengadaan, pengelolaan, dan pemenuhan melibatkan perencanaan dan pengadaan bahan baku yang tepat, manajemen persediaan yang optimal, produksi yang responsif terhadap permintaan, distribusi yang akurat, dan layanan pelanggan yang baik. Dengan mengoptimalkan proses ini, perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif di pasar.


Melalui sistem manajemen rantai pasok yang efektif, perusahaan dapat menawarkan harga yang bersaing, menjaga kualitas produk dan layanan, mengirimkan produk tepat waktu, serta menyediakan variasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan membangun hubungan yang kuat dengan pemasok dan pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan responsivitas terhadap perubahan pasar dan pada akhirnya meraih kesuksesan dalam persaingan.


Manfaat Sistem SCM untuk bisnis

Manajemen rantai pasok melibatkan pendistribusian produk secara optimal untuk menggantikan pola distribusi yang ada. Pola ini terkait dengan jadwal produksi, aktivitas distribusi, dan logistik. Oleh karena itu, dalam praktiknya, SCM terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen ini melibatkan tidak hanya produsen dan pemasok tetapi juga berbagai entitas, termasuk pengecer, grosir, produsen, dan konsumen.


1. Transparansi pada Proses Supply Chain

Implementasi manajemen rantai pasok memungkinkan perusahaan memiliki visibilitas dan kontrol atas produk, bahan baku, dan aliran barang dari pemasok hingga konsumen. Memiliki data yang transparan meningkatkan hubungan dan kerjasama di antara semua pihak yang terlibat dalam rantai pasok secara keseluruhan. Melalui proses yang transparan, semua pemangku kepentingan dapat memberikan produk dan layanan terbaik untuk memastikan pengiriman yang akurat dan cepat kepada pengguna akhir.


2. Mengurangi Biaya Operasional dan meningkatkan profit

Manajemen rantai pasok yang terencana dengan baik memberikan manfaat bagi perusahaan melalui pengelolaan inventaris yang efisien, pengiriman produk yang cepat dan akurat, serta koordinasi yang efektif di antara pihak-pihak, semuanya dilakukan dengan biaya yang minimal. Optimasi ini pada akhirnya mengarah pada peningkatan profitabilitas perusahaan.


3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis

Penerapan manajemen rantai pasok membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan efektivitas di semua kegiatan rantai pasok. Mulai dari perencanaan yang matang hingga memastikan ketersediaan produk dan proses produksi tepat waktu, membantu mengurangi penggunaan biaya yang tidak perlu. Koordinasi yang efektif antara pemasok, produsen, dan distributor juga sangat penting dalam manajemen rantai pasok.


4. Merencanakan rencana dan relasi bisnis

Selain itu, manajemen rantai pasok yang kuat memungkinkan perusahaan untuk meramalkan permintaan pasar berdasarkan data yang komprehensif dan akurat. Sebagai hasilnya, perusahaan dapat mengelola stok bahan baku sesuai permintaan tanpa terlalu banyak tekanan dari permintaan produk.


Pelaksanaan rantai pasok tidak hanya melibatkan aspek internal dari bisnis Anda. Untuk memastikan produksi bisnis Anda diterima dengan baik oleh konsumen, pihak lain dari perusahaan atau bisnis lain akan membantu proses tersebut. Oleh karena itu, dengan manajemen rantai pasok yang optimal, Anda juga dapat memastikan hubungan bisnis yang baik dengan pihak eksternal. Memastikan penerimaan tepat waktu dari produk bisnis Anda oleh pihak eksternal mengurangi risiko kerugian finansial dan mempertahankan kepercayaan dari pelanggan dan mitra bisnis.


5. Meningkatkan Kepuasan dan Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Manajemen rantai pasok yang efektif dan efisien membantu perusahaan memenuhi setiap permintaan dan kebutuhan pasar. Dengan menciptakan produk berkualitas dan memastikan pengiriman tepat waktu, perusahaan dapat meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan konsumen.


Baca Juga : Pembukuan Stok Barang untuk Optimalkan Bisnis


Perkembangan supply chain management di Indonesia

Perkembangan supply chain management di Indonesia membawa peluang dan tantangan bagi perusahaan, dengan kebutuhan akan sistem manajemen yang tangguh dan tenaga kerja yang terampil. Untuk menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang, perusahaan membutuhkan sistem manajemen distribusi yang tangguh dan tenaga kerja yang terampil.


Selain itu, sengan memiliki sistem SCM yang baik meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuka peluang jangka panjang. Dimana semakin banyak pelanggan loyal, maka potensi keuntungan juga semakin besar.


Disinilah Vena Portal Manajemen Distribusi hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam manajemen rantai pasok. Vena menawarkan berbagai fitur seperti sistem penyimpanan kesediaan, pemesanan, pengiriman, dan pembayaran, yang memungkinkan perusahaan untuk fokus pada aspek lain dalam bisnis mereka.


Hubungi tim konsultan Vena untuk mempelajari solusi manajemen supply chain dan temukan beragam manfaat dan kemudahan yang Vena.co.id hadirkan bagi bisnis Anda.


Comments


bottom of page